Fitur E-Ticket Pada Asian Games 2018 Jakarta Palembang dengan Teknologi QR Code

Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang, telah berlalu. Namun ada yang tetap menjadi catatan sejarah bahwa, Asian Games telah menorehkan penerapan teknologi yang canggih yang akan menjadi tonggak sejarah peneran teknologi diajang pesta olahraga lainnya.

Yang akan kita bahas adalah masalah tiket yang bernama E-Ticket dengan penerapan teknologi Quick Response (QR) code.
Tiket yang digunakan adalah E-Ticket yang berbentuk e-voucher dilengkapi dengan teknologi Quick Response (QR) code. Untuk menghindari pemalsuan, percaloan dan antrian panjang sehingga diharapkan pengunjung akan merasa lebih nyaman saat melakukan proses pembelian tiket.

E-ticket adalah tiket yang berbentuk e-voucher, yang berisi data-data pembeli yaitu berupa data Kartu identitas, e-mail, dan nomor telepon.

Data yang harus dimasukan berdasarkan kartu identitas yaitu KTP, 1 KTP hanya bisa digunakan untuk pembelian empat lembar tiket.

Saat akan masuk Tiket elektronik itu selanjutnya dapat ditukarkan dengan tiket berbentuk fisik untuk menonton pertandingan.

Teknologi QR Code yang digunakan merupakan singkatan dari Quick Response atau respon cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respon yang cepat pula. Berbeda dengan Bar Code (kode batang) yang hanya menyimpan informasi secara horizontal. QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Oleh karena itu, secara otomatis QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

E-ticket ini dapat menimbulkan masalah baru, bila proses validasi tiket yang lebih lama, karena harus di validasi dengan data yang telah konsumen masukkan.

Ditulis Oleh : Alek Abd - Bogor

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Komputer & Network

0 comments:

Posting Komentar

Back to top