CryptoJacking, Si Malware Penambang Illegal di Komputer Orang Lain

www.corporatecomplianceinsights.com
Banyaknya keluh kesah dari pengguna Komputer, laptop hingga smartphone bahwa perangkat mereka menjadi sangat Lambat hingga batere yang lebih boros, apa ini gejala terserangnya malware Cryptojacking yang sekarang lagi tren. kita coba bahas satu persatu.

Cryptojacking adalah sebuah aktivitas dimana sebuah situs atau hacker membajak resource seperti CPU komputer, Laptop atau Smartphone milik korban untuk menambang mata uang kripto tanpa izin

dari pemilik komputer. Aksi pembajakan ini biasanya akan hampir atau bahkan menggunakan semua resource dari CPU komputer, Laptop atau Smartphone. Penggunaan memori bahkan mencapai 100%.

Popularitas mata uang kripto semakin meroket semenjak beberapa tahun lalu, mungkin ini yang menjadi alasan kenapa para hacker dan pelaku kejahatan dunia maya ingin mencoba mendapatkan Koin ini. Salah satu cara untuk  mendapatkan koin ini adalah melalui mining (menambang), namun resource yang digunakan untuk menambang tidaklah sedikit mengakibatkan hacker memutar otak, bagaimana cara untuk mendapatkan resource lebih banyak, salah satu caranya adalah dengan Cryptojacking.
Yang dimaksud dengan menambang disini, tidaklah sesederhana dalam pikiran para orang awam. Cryptojacking bekerja dengan teknik malware ataupun melalui aplikasi berbahaya yang telah di unduh di komputer korban. Malware ini tidak akan bisa bekerja sempurna, bila tidak ada kode berbahaya berupa kode Javascript yang memang sudah ada di komputer, laptop atau smartphone, baik sengaja atau tidak sengaja. Kode berbahaya javascript tadi akan efektif bekerja saat si pengguna membuka browser, sehingga dari situlah situs cryto seperti mengambil alih perangkat si pengguna daan secara  otomatis menghabiskan resource dari perangkat mereka.

Bila kita coba browsing di internet, apa benar malware crypto ini menjadi kasus yang mendunia ? dilaporkan situs Politifact, PirateBay bahkan situs resmi Christiano Ronaldo pun terkena imbasnya. Situs terkenal tersebut telah terpengaruh oleh cryptojacking. Satu hal yang menarik bahwa sudah banyak situs yang diretas dan dipasangkan dengan  script mining berbahaya ini.
Tentu sebagai orang awam kita pasti bertanya-tanya siapa para pelaku ini semua. Seperti telah dibahas diatas tadi  bahwa pelakunya adalah orang-orang yang menguasai teknologi dan ingin menunjukan bahwa dunia hitam internet bisa menjadi alat untuk mencapai tujuan mereka.

Ini bagian terakhir dari pembahasan kita, perangkat apa saya yang bisa menjadi korban dari keganasan Cryptojacking tadi. Komputer, Laptop, Smartphone yang berdiri sendiri, terlebih lagi bila terhubung dalam satu jaringan. Satu jaringan internet, pengguna device misal hardisk, Flashdisk yang sama, maka penyebaran malware Cryptojacking ini akan lebih cepat, terus berkembangbiak dan sulit diberantas. Dari para penjual antivirus sudah mengeluarkan antivirus, antimalware sampai Adbloker untuk blok iklan hingga kode-kode bahaya javascript. 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Komputer & Network

0 comments:

Posting Komentar

Back to top