Sebelum Transfer Uang, Cek Dulu Rekening Tujuan Di sini

Dengan meningkatnya transaksi jual-beli online, semakin marak pula penipuan dengan modus pembayaran via transfer. Sebelum Anda melakukan transfer uang, ada baiknya cek lebih dulu rekening tujuan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Keminfo) meluncurkan layanan www.cekrekening.id  untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana, khususnya penipuan.
Dalam keterangan tertulis dalam website Kominfo, kanal tersebut memiliki beberapa manfaat, yakni masyarakat dapat melakukan cek rekening ke portal tersebut apabila menerima SMS permintaan transfer yang berindikasi penipuan.

Masyarakat dapat melaporkan nomor rekening berikut modus penipuan. Pelaporan ini juga dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum, bank, dan pengelola situs e-commerce.

"Sebelum mentransfer uang, jangan lupa untuk periksa ulang rekening penerima transfer tersebut di www.cekrekening.id," demikian ditulis Keminfo.

Selain itu, penyelenggara telekomunikasi dapat mendorong kepada pengguna layanannya akan penipuan melalui SMS. Selain itu pihak penyedia telekomunikasi juga diminta untuk melapor ke Kominfo jika ada indikasi operasional SMS oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

https://www.otonomi.co.id/news/minimalisasi-penipuan-via-online-kominfo-luncurkan-cekrekeningid-170508u.html

Ditulis Oleh : Alek Abd - Bogor

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Info Komputer & Network

0 comments:

Posting Komentar

Back to top